Tips Sederhana Snorkeling Ramah Lingkungan



BEBERAPA TIPS SNORKELING YANG RAMAH LINGKUNGAN


Snorkeling atau menyelam di laut dangkal saat ini menjadi salah satu primadona wisata di tanah air, termasuk di Provinsi Lampung.  Masalahnya, hasrat untuk menikmati pesona terumbu karang perlu pengetahuan tentang Snorkeling yang Ramah Lingkungan. Sebab jika tidak, maka bisa tanpa sengaja akan merusak terumbu karang dan lingkungan pada spot snorkeling.  Salah satunya adalah mengetahui tentang Tips snorkeling tanpa merusak ekosistem terumbu karang.

Kegiatan Snorkeling, selain wisata juga mempunyai nilai edukasi bagi wisatawan, misalnya mengetahui berbagai jenis terumbu karang dan kekayaan hayati laut yang hidup di terumbu karang dan sekitarnya. Oleh sebab itu, sebagai penikmat wisata keindahan bawah laut, para pesnorkel diharapkan lebih peduli dan ramah terhadap lingkungan.  Turut menjaga serta menjadi ujung tombak kampanye pelestarian terumbu karang.

Kesadaran kita semua, khususnya para pesnorkel, bahwa terumbu karang tengah menghadapi masa depan yang serba tidak menentu itu, diharapkan dapat mendorong para snorkeler untuk mengambil peran penting dalam melindungi keberadaan habitat ekosistem ini.

Berikut ini Tips sederhana Snorkeling Ramah Lingkungan 


Snorkeling Ramah Lingkungan menjaga alam tetap lestari. Elora Tour & Travel Lampung

  • Berlatihlah snorkeling di lokasi yang jauh dengan terumbu karang
  • Gunakan alat snorkeling sebelum masuk ke air, pastikan terlebih dahulu perlengkapan snorkeling pas dengan tubuh, karena akan sulit mengatur kembali di dalam air. 
  • Jika kalian masih pemula, sehingga belum yakin dengan kemampuan sendiri, gunakanlah pelampung ketika snorkeling. 
  • Berhati-hati memilih tempat masuk dan keluar dari air agar tidak merusak terumbu karang. 
  • Jaga jarak aman dan hindari kontak dengan terumbuJangan menyentuh, berdiri atau beristirahat di atas karang, walaupun telah menggunakan sarung tangan dan sepatu selam, sebab banyak hewan yang rentan dan berbahaya.   Kalian dapat melukainya atau sebaliknya terluka.   Silahkan baca:  Daftar Hewan Laut yang Berbahaya
  • Jangan mengganggu, misalnya dengan mengejar, menaiki, memakan, atau memegang makhluk laut yang ada disekitar lokasi snorkeling, di laut ataupun dipantai.
  • Jika menggunakan pin atau sepatu katak, perhatikan dimana kalian mengibaskannya, dan jangan mengaduk sedimen atau merusak karang.
  • Jangan mengambil biota laut,  baik makhluk hidup ataupun mati.  Datang dan kembalilah dalam keadaan yang sama
  • Jangan membeli cinderamata yang terbuat dari karang, penyu maupun hewan-hewan laut lainnya, karena hal itu sama dengan menyetujui eksploitasi yang tidak ramah lingkungan, serta dapat dikategorikan sebagai kegiatan ilegal.
  • Jangan membuang sampah sembarangan, baik saat di pantai maupun saat di atas kapal.  Plastik, kaleng, botol, atau kemasan sisa makanan, dll yang kalian bawa, letakkan ke tempat sampah dengan benar ketika kapal atau perahu sudah kembali ke pantai.
  • Ikutilah Paket Wisata Ekologis, yakni paket wisata yang dikombinasi dengan kegiatan pelestarian lingkungan.  Sebagai contoh adalah : Paket 1Day Snorkeling - Elora Tour & Adventure, yang memadukan wisata snorkeling dengan melibatkan masyarakat nelayan, sebagai upaya menihilkan pengeboman terumbu karang di sekitar Pulau Pahawang, Lampung.

Title: Tips Sederhana Snorkeling Ramah Lingkungan; Written by eloratour (Elora Tour & Adventure); Rating: 5 dari 5